BahrelweyPost- Menerjemahkan adalah merupakan kebutuhan yang penting pada zaman globalisasi ini. Menerjemahkan sangat digunakan untuk berbagai keperluan seperti menuntut ilmu, riset karya ilmiah, blogging atau sekedar menambah wawasan. Artikel dalam bahasa internasional yaitu #bahasa inggris memang sangat banyak dan sangat diperlukan. Tentu saja ini yang dirasakan sama oleh para sobat bahrelwey. Mengapa artikel orang luar lebih baik? Dan benarkah memang lebih baik? Artikel buatan orang luar katanya memiliki berbagai kelebihan dalam penulisannya. Antara lain lebih berbobot karena mencantumkan banyak hasil penelitian dan riset, juga penulis telah melakukan penelitian tersendiri dari hasil penelitian dan riset tersebut. Jadi tulisan orang luar “katanya” lebih berbobot. Selain itu ada yang menyebutkan bahwa  hasil terjemahan buku-buku asing belum tentu sepenuhnya benar. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih membaca buku asli dan menerjemahkannya sendiri. Ini juga yang mungkin dirasakan sobat bahrelwey.


Mungkin sobat bahrelwey pernah merasakan kesulitan ataupun malas dalam menerjemahkan tulisan dari satu bahasa ke bahasa lain. Oleh karena itu sekarang banyak alat-alat penerjemah online seperti yang disediakan oleh google dan bing. Sekarang banyak alat penerjemah online karena dituntut oleh zaman. Nah oleh karena itu bahrelwey akan memposting artikel “4 alat penerjemah terbaik” untuk membantu sobat semua dalam menerjemahkan tulisan-tulisan asing yang akan seobat gunakan dalam berbagai keperluan terutama dalam bentuk teks atau paragraf. Berikut alat-alatnya

1. Google Translate

Google Translate, alat terjemahan terbaik

Google Translte menududki posisi pertama. Kebanyakan orang sudah akrab dengan aplikasi ini yang tersedia di PC maupun android. Google translate memiliki berbagai kelebihan seperti terintregrasi dengan penrangkat google lain, munculnya kotak terejemahan otomatis dalam peramban chrome yang mungkin salah satu rahasia peramban chrome :D yaitu dengan cara sobat tulis “terjemahan” di kolom cari lalu tekan enter, maka akan muncul kolom terjemahan, fitur tersebut juga terdapat dalam android. Selanjutnya google translate dapat menerjemahkan artikel di blog lewat widgetnya, menerjemahkan tweet dan email. 
Google translate mendukung hampir ratusan bahasa dan juga memiliki fitur deteksi otomatis. Jadi jika sobat ingin tau bahasa apa yang sobat gunakan, Google translate bisa membantu. Namun Google translate tentu saja memiliki kekurangan yang tidak dapat dipungkiri untuk diatasi antara lain terjemahan yang rumit, tidak sempurna dan tidak sesuai konteks. 
Juga masih terdapat berbagai kelebihan lain seperti akses mobile (mobile friendly), gratis, dan ringan diakses karena kemajuan teknologi robotnya, memiliki fitur yang sangat terbaik yaitu audio input sehingga bagi sobat yang malas mengetik sobat bisa mengucapkannya, juga ada fitur audio pengucapan untuk mengetahui bagaimana cara pengucapannya, fitur-fitur menyebabkan google translate sangat cocok untuk menjadi aplikasi pokok untuk dibawa keluar negeri. 

2. Bing Translator
Bing translator, alat penerjemah terbaik

Bing translator adalah produk Microsoft yang tertanam pada windows phone. Bing translator memiliki berbagai kelebihan seperti API gratis, terjemahan puluhan bahasa, memiliki auto deteksi built in, dapat menerjemahkan halaman web dan dokumen upload serta memiliki fitur bookmark. Sebernarnya Bing translator memiliki fitur audio namun tidak semua bahasa. Bing translator juga dipilih Facebook untuk menerjemahkan status dan komentar dalam bahasa asing.

3. Linguee
Linguee, alat kamus penerjemah makna

Linguee bisa dikatakan adalah sebagai gabungan antara kamus dan mesin pencari. Namun terjemahan ini hanya menerjemahkan kata dan tidak dapat menerjemahkan suatu paragraf. Sobat dapat melihat di screenshotnya. Terlepas dari kekurangannya terjemahan ini dapat mengartikan kata sukar, maknanya, terjemahan kontekstual dan cara penggunaanya. Juga seperti yang sudah bahrelwey tulis seperti kamus. Terjemahan ini memiliki penjelas seperti singular, plural dan lain-lain. Terjemahan sama sekali tidak memiliki fitur audio. Bagaimanapu juga berguna untuk sobat yang ingin mengatasi sebuah teks asing dengan menerjemahkan sendiri atau bagi sobat yang ingin belajar bahasa dan membutuhkan sedikit bantuan dengan kata-kata sulit. Jika sobat membutuhkan terjemahan yang cepat dan nyaman, Linguee bukanlah solusi. Tetapi jika sobat sedang mencari kamus yang nyata atau alat kosakata yang member konteks yang nyata, Linguee adalah kuncinya.
Linguee adalah alat untuk pelajar bahasa atau seseorang yang melakukan terjemahan nyata dalam sebuah penelitian. Banyak yang mengatakan Google translate dan Linguee adalah sebuah kolaborasi yang sangat mengagumkan :D mengagumkan untuk mendapat terjemahan yang cepat dan menyediakan konteks dan makna yang mendalam 

4. WordLens
WordLens, alat penerjemah foto

WordLens adalah gagasan dari QuestVisual yang diakusisi oleh Google. Alat penerjemah ini adalah alat terjemahan yang mana menggunakan kamera, sobat hanya menghadapkan perangkat ke bahasa asing dan sobat sudah mendapatkan terjemahannya. WordLens tidak sempurna tentu saja, tetapi sangat berguna dan membantu untuk menerjemahkan rambu-rambu jalan, menu dan dokumen cetak lainnya. WordLens masih hanya mendukung beberapa bahasa, tetapi bekerja dengan cukup baik dan bekerja dengan sihir didepan sobat :D
WordLens adalah batu loncatan dan sebuah langkah besar dalam perjalanan alat penerjemah yang bisa digunakan dimana saja, kapan saja dengan hanya memegang perangkat dan mendapat terjemahan. Seperti yang sobat lihat, WordLens benat-benar sebuah batu loncatan yang luar biasa :D

Sekian saja dari Bahrelwey :D degan “4 alat penerjemah terbaik” Semoga bermanfaat :D

Post a Comment Blogger

 
Top