BahrelweyPost- Salam Bahrelwey :D kali ini bahrelwey akan membagikan #tips kepada sobat bahrelwey semua yaitu "Cara Membuat Mading Menjadi Pusat Perhatian." Mading adalah sebuah media penanyangan berbagai macam artikel yang terlepas dari pengumuman maupun pemberitahuan yang lain. Sesuai kepanjangan mading yaitu "majalah dinding" mading terlepas dari suatu pengumuman atau himbuan. Namun, berisi artikel-artikel yang menarik dan unik. Mading menjadi pusat perhatian bisa dilihat dari berbagai aspek seperti desain, isi dan manfaat. Berikut yang harus diperhatikan sobat sebelum membuat mading :

1. Gambar dan Ilustrasi
Cara membuat mading yang menarik dan baik, mading pusat perhatian
Ilustrasi yang mengagumkan
Ya ini yang paling penting. Mading bukanlah suatu buku yang setiap orang wajib membacanya. oleh karena itu kita harus membuatnya menarik. Mading adalah artikel yang ditempel, tulisannya sangat kecil dan membuat orang membalasnya. Terlebih jika dinding di belakangnya cukup besar menambah orang untuk malas membacanya. Memperbesar tulisan? bukan jawaban, selain menambah media untuk mading, tulisan yang besar bukan solusi cerdas. Berikut subsanti yang harus diperhatikan dari gambar mading

Besar. Gambarnya harus besar untuk menunjang ketertarikan. Seperti yang bahrelwey jelaskan diatas, memperbesar tulisan bukan jawaban. Karena dinding dibelakangnya yang besar dan berbagai aspek ruangan yang lain membuat mading tidak diperhatikan. Namun dengan gambar yang besar para viewer akan tertarik. Gambar yang besar tidaklah cukup, lanjut ke berikutnya
Ilustrasi.Gambar harus menggambarkan atau mengilustrasikan konten artikel. Jadi seluruh artikel seperti digambarkan dalam gambar tersebut. Gambar yang besar tanpa mengilustrasi tidak ada gunanya. Gambar berilustrasi juga dapat kita sebut sebagai gambar yang berbobot.

2. Riset Konten yang Trends
Riset Konten yang Trends, Cara membuat mading yang baik menarik dan benar
Konten yang trends dalam google trends
Konten yang trends lebih membuat mading kita menjadi pusat perhatian. Konten yang trends biasanya hanya sedikit orang yang tau, kalaupun mengerti, biasanya masih mengambang atau belum memahami betul. Oleh karena itu buat konten yang :

Trends. Lihat seperti di trending topic twitter, google trends, atau yang trends di facebook.
Kupas tuntas. Seperti yang telah bahrelwey jelaskan, sebagaian orang belum mengerti sesuatu yang trends oleh karena kupas tuntas di mading sobat. Contohnya tentang Haji Lulung, kupas tuntaslah seperti mengapa menjadi trends, apa penyebabnya dan sebagainya.

3. Konten yang Padat dan Berbobot
Konten Padat dan Berbobot, membuat mading yang menarik
Konten yang padat dan menarik dapat menarik banya orang
Oleh karena media mading yang terbatas maka kita perlu konten yang padat dan berbobot. Tidak mungkinkan satu mading memuat hanya satu artikel atau konten. Jika iya, maka akan sangat membosankan. Kembali ke konten yang trends maka perlu diperlukan berbagai sumber agar viewer jelas dan mantap. Oleh karena itu buat yang :

Padat. Jelaskan dengan kata yang efektif dan sesingkat mungkin, tulis berulang-ulang untuk mendapatkan sat artikel yang padat.
Berbobot. Cantumkan info dari berbagai sumber. Contohnya konflik laut china selatan, maka cantumkan dari berbagai sumber seperti koran, internet ataupun forum-forum. Atau jika bisa buatlah analisis sendiri

4. Desain yang Menarik
Desain yang Menarik, membuat mading, isi mading, tema mading

Desainlah mading semenarik mungkin. Berbagai macam desain seperti futuristik, keren, metal, couple, warna-warni dan lain-lain. Untuk ini, sobat perlu memikirkan sendiri dengan waktu yang cukup lama =D. Pastikan sesuaikan dengan tempat dimana mading itu ditempel.

5. Kecil tapi Menarik
Aksesoris yang Menarik, membuat mading

Sebuah aksesoris kecil-kecilan pada mading sobat bisa menjadi sesuatu yang sangat besar dan bermanfaat, hingga sobat dapat berpikir jika tanpa aksesoris tersebut maka mading sobat tidak menarik. Aksesorisnya seperti pelangi, bintang, bunga dan sebagainya. Dan pastikan jangan terlalu norak atau berlebihan.

6. Kombinasi Warna
Kombinasi warna yang menarik

pastikan sobat mengombinasikan warna pada mading agar menarik. Kombinasikan background, warna tulisan, aksesoris dengan menarik. Caranya sobat harus mengambar minimalis dari mading sobat dengan pensil, lalu warnai dengan berbagai warna dan kombinasikan hingga menurut sobat menarik. Lalu perlihatkan kepada teman sobat apakah menarik atau tidak.

Sekian dari bahrelwey semoga mading sobat menarik dan menjadi pusat perhatian. Dan pastikan sobat juga menjadi pusat perhatian <3<3 :D

Post a Comment Blogger

 
Top