Tentang kapal induk, kapal induk adalah

BahrelweyPost- Salam bahrelwey :D kali ini bahrelwey akan memposting artikel yang berjudul "Segalanya Tentang Kapal Induk." Kapal induk adalah kapal yang berisi puluhan pesawat terbang dan berbagai fungsi sesuai namanya “induk”. Dalam bahasa Inggris kapal induk adalah Carrier Vessel (CV) atau Vessel saja. Kapal induk memiliki tugas untuk memindahkan kekuatan udara dan personel secara besar ke dalam armada laut, air superiority, air support, dan sebagai efek getar (detterence) kepada musuh. Jadi saat musuh melihat sebuah kapal induk yang terlihat di suatu armada laut maka musuh akan gelagapan menghadapinya. Hal ini terbukti dalam "konflik" antara Sunni dan Syiah, tentara laut Irak mundur dari kawasan setelah tentara laut Amerika (US Navy) mengirimkan sebuah kapal induk. Kapal induk juga merupakan pusat komando karena di dalam kapal induk, komando lebih terintregritas, koneksi yang luas, dan terhubung berbagai macam terminal. Kapal induk bisa terintregasi dengan bermacam-macam satelit diatasnya seperti yang kita ketahui, AS sendiri memiliki ratusan satelit. Pengintregasian tersebut memudahkannya untuk memanajemen penyerangan, analisis situasi dan analisis penyerangan, kapal induk bahkan dapat terintregasi satelit cuaca. Selain terintregasi berbagai satelit, kapal induk juga terintregasi berbagai terminal. Terminal adalah suatu system pengintregasian ke dalam suatu department. Misalnya Pentagon, Gedung Putih, CIA, atau US Army dan US Air Force. Untuk pemahaman yang lebih mudah dapat kita lihat di film mata-mata seperti “Bourne Ultimatum.”

CIA Terminal
CIA Terminal

Disana para agen dapat masuk kedalam system CIA melewati terminal. Mereka dapat memasuki terminal dengan system khusus dan username serta password. Selain fungsi di atas, kapal induk sangat berperan dalam misi-misi kemanusiaan. Contohnya di tsunami Filipina, Jepang dapat membuktikan dengan sempurna bagaimana sebuh kapal induk sangat bekerja di dalam misi penyelamatan. Karena bobot dan desainnya, sebuah kapal induk dapat menghadapi berbagai tingkatan ombak (sea state). 

Sejarah Kapal Induk
Amerika adalah pengguna kapal induk terbesar saat ini. Padahal pada sejarahnya Amerika acuh tak acuh pada kapal induk. Kapal induk pertama kali dikembangkan Inggris, lalu Jepang mulai menggunakannya. Penyerangan ke Pearl Harbour yang berhasil dengan sangat hebat dan tak terikra oleh Amerika Serikat adalah akibat penggunaan kapal induknya yang berjumlah hingga 8 kapal induk. Sejak saat itu Amerika Serikat menyesal atas presepsinya tentang kapal induk dan mulai membangun kapal induk. Dan saat ini, AS adalah pembuat kapal induk yang paling hebat.

Jenis Kapal Induk
Kapal induk dibagi kedalam berbagai kategori dan jenis

A. Dari segi propulsi (tenaga penggerak)
1. Kapal Induk Nuklir

Kapal induk yang menggunakan reactor nuklir sebagai penggeraknya. Kapal ini bisa tahan tanpa pengisian bahan bakar hingga 20 tahun. Kekurangan bertenaga nuklir adalah bertenagakan uranium yang sangat mahal, isi ulangnya sangat mahal, baru sedikit ahli dan teknologinya masih sangat sulit, jika terjadi kerusakan maka dampaknya sangat luar biasa. Oleh Amerika kapal seperti ini diberi julukkan CVN. CVN adalah kepanjangan dari Carrier Vessel Nuclear yang artinya kapal induk nuklir

2. Kapal Induk Diesel

Kapal ini menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya. Kekuranggannya adalah tidak dapat berlayar lama, dan membutuhkan banyak solar. Amerika saat ini sudah tidak menggunakan tenaga diesel lagi, karena tidak efektif dan efisien. Kapal ini dijuluki CV yang berarti Carrier Vessel atau kapal induk saja.

B. Teknis Peluncuran Pesawat
1. Konvensional (CTOL/Conventional Take Off Landing)

Kapal induk ini menggunakan lintasan yang panjang dan besar sehingga pesawat mendarat dengan konvensional (biasa). Kapal ini dilengkapi dengan catapult dan arrester. Cattapult adalah cantolan yang dicantolkan pada pesawat untuk mendorong (menghentakkan) pesawat ke depan, gampangnya saat kita bermain pesawat kertas kita mendorongnya dan hal itu sama persis dengan catapult, fungsinya pesawat dapat terbang dengan lintasan minim. Arrester atau hook adalah kabel baja yang melintang pada landasan berfungsi untuk mengaitkan pesawat pada kabel tersebut sehingga pesawat dapat berhenti karena lintasan minim. Karenanya tentu saja pada pesawat kapal induk terdapat kaitan untuk mengaitkan pada hook. Faktanya, pada saat pesawat mendarat di kapal induk, pesawat tidak menurunkan kecepatan, tetapi menambahnya agar saat terjadi kesalahan dapat mengudara kembali sehingga tidak salah ngerem atau pengereman tanggung yang sangat berbahaya bagi pesawat maupun kapal induk, tugas selanjutnya diberikan pada hook untuk memberhentikan pesawat. Kesalahan-kesalahan dalam pendaratan di kapal induk antara lain tidak terkait hook pada cantolan dan terjadinya berbagai masalah lain termasuk human eror.

2. Kapal Induk STOVL/Short Take Off Landing

Kapal induk ini berukuran sedang dan berbobot ringan. Pesawat yang digunakan adalah pesawat khusus yang memiliki kemampuan sama penyebutannya yaitu STOVL. Pesawat STOVL adalah pesawat yang memiliki kemampuan terbang vertikal. 

admiral kuznetsov, tentang kapal induk, pengertian macam kapal induk, kapal induk adalah
Kapal AL Rusia Admiral Kuznetsov, memiliki bagian depan yang menukik keatas disebut 'sky jump'
untuk menerbangkan pesawat STOVL yang berlintasan pendek. Sebagian produk Rusia seperti ini.
Kapal induk Cina "Liaoning" juga menggunakan 'sky jump'
Contohnya adalah AV8 harrier dan F35 C. Namun kapal induk ini juga kebanyakan membawa helicopter. Kapal STOVL produksi rusia biasanya menggunakan sky jump untuk mengudarakan pesawatnya. Kapal induk jenis ini memiliki biaya perawatan, produksi dan operasional yang rendah, sehingga banyak Negara yang menggunakan kapal induk jenis ini.

Goes To Amerika Serikat
USS Nimitz Class, tentang kapal induk, pengertian macam kapal induk, kapal induk adalah
USS Nimitz Class. Kelas terbanyak yang digunakan US NAVY

Nimitz Class
Nimitz Class adalah kelas kapal induk AS yang paling terbaru dan modern dan yang sedang aktif digunakan saat ini. Yang dimaksud kelas kapal adalah sama satu dengan yang lainnya, atau lebih mudah satu spesies :D. Penamaan kelas didasarkan pada kapal pertama yang keluar. Jadi "Nimitz Class" berasal dari kapal USS Nimitz yang pertama keluar, lalu diikuti oleh kapal lain yang keluar yang memiliki spesifikasi sama persis (plek jiplek :3). Kpal ini dibangun dengan kontrak bernama dan bersebut :3 “Naval Sea Systems Command, Office of Corporate Communications, Washington, D.C. 20376.” Berikut spesifikasi dari United States Ship/USS Nimitz

Huntington Ingalls Industries Newport News Shipbuilding Co, Perusahaan pembangun kapal induk
Huntington Ingalls Industries Newport News Shipbuilding Co., perusahaan pembangun kapal induk

Pembangun : Huntington Ingalls Industries Newport News Shipbuilding Co., Newport News, Virginia
Harga per unit : 85 triliun rupiah
Penggerak : 2 unit reactor nuklir
Panjang : 332,85 meter
Beam : 40.84 meter
Berat : 97.000 ton
Kecepatan : 30+ knot
Kru : pelaut 3.000-3.200, teknisi pesawat 1.500, lainnya 500
Senjata : Sea Sparrow, CIWS Phalank, RAM Mounts
Pesawat : 60+

Yang unik : Petugas rompi berwarna :D
Petugas di kapal induk memiliki berbagai tugas, yang diidentitaskan dengan rompi berwarna

tentang kapal induk, pengertian macam kapal induk, kapal induk adalah, pelaut kapal induk
Petugas berompi akan mengudarakan pesawat. Lihat tugasnya dibawah dan sesuaikah dengan gambar ini!
Rompi merah bertugas memasang bom dan rudal ke tubuh pesawat terbang
Rompi kuning sebagai pemandu dan pengarah pesawat
Rompi putih sebagai crew pemberi tanda pendaratan
Rompi cokelat sebagai air wing plane captain
Rompi ungu sebagai petugas pengisi bahan bakar
Rompi hijau bertanggung jawab pada instalasi katapel (peluncur) untuk pendorong pesawat serta fotografi dan urusan cargo,
Rompi biru yang bertugas mengurus pesawat serta operator elevator pesawat, supir traktor dan juga penghubung.

Jumlah kapal induk
Amerika Serikat memiliki 10 kapal induk aktif saat ini. Nama-namanya diambil dari presiden Amerika Serikat.

USS Nimitz (CVN 68)
USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69) 
USS Carl Vinson (CVN 70)
USS Theodore Roosevelt (CVN 71)
USS Abraham Lincoln (CVN 72)
USS George Washington (CVN 73)
USS John C. Stennis (CVN 74)
USS Harry S. Truman (CVN 75)
USS Ronald Reagan (CVN 76)
USS George H.W. Bush (CVN 77)


Fakta WOW :D 
Faktanya, saat pesawat mendarat di kapal induk, pesawat malah menambah kecepatannya. Agar jika terjadi kesalahan dapat mengudara kembali. Nah, untuk menghentikan pesawat adalah tugas dari "hook"."Hook" adalah tali yang melintang barbanding dengan lintasan. Di pesawat kapal induk, sudah terdapat pengait, sehingga, pesawat yang mendarat di kapal induk sebenarnya dihentikan dengan pengait. 
Sekian saja dari bahrelwey semoga bermanfaat :D

Post a Comment Blogger

 
Top